Cara Memasang Batu Bata Merah

cara memasang batu bata merah

Cara Memasang Batu Bata Merah – Bata merah adalah salah satu material yang menjadi fondasi penting dalam proyek pembangunan seperti dinding rumah, pagar, atau sekedar dekorasi interior bahkan eksterior hunian.

Cara memasang batu bata merah tidak bisa dipandang sebelah mata. Walaupun bata merah masih menjadi pilihan utama masyarakat dalam membangun rumah karena kekuatan dan kekokohannya, akan tetapi cara memasang batu bata merah memerlukan teknik khusus agar tercipta susunan bata yang terstruktur, rapi, dan seragam.

Sebelum memutuskan untuk membeli bata merah sebagai material bangunan rumah, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara memasang bata merah yang sesuai prosedur.

Cara Memasang Batu Bata Merah Yang Benar

1. Perhatikan kualitas batu bata

Pastikan untuk membeli bata dengan kualitas yang baik dan tidak mudah patah. Bata merah umumnya bertekstur cenderung kasar karena ditujukan agar bahan perekat dapat menempel dengan baik ketika dilakukan pemasangan.

2. Siapkan Peralatan Kerja

Cara memasang batu bata merah yang benar harus di dukung oleh peralatan yang lengkap, alat-alat yang digunakan sebagai berikut:

  • Cangkul
  • Ayakan
  • Cetok
  • Benang
  • Selang air
  • Benang
  • Meteran
  • Palu
  • Waterpass

3. Menyiapkan Bahan Pendukung Sebelum Pemasangan Batu Bata Merah

Hal pertama yang dilakukan untuk cara memasang bata merah adalah menyiapkan acuan pemasangan. Gunakan jidar berbahan kayu atau alumunium yang berfungsi untuk mengukur kelurusan dalam pemasangan secara vertikal. Sedangkan untuk pemasangan horizontal, bisa menggunakan benang kasur yang diberi pemberat bandul.

Untuk acuan pengukuran tinggi antara satu bata merah dengan yang lain, bisa menggunakan selang air kecil. Selang tersebut harus diberi pewarna lalu isi dengan air. Selanjutnya siapkan spesi mortar segar. Namun perlu diperhatikan bahwa adukan spesi mortar harus disesuaikan dengan kebutuhan saja dan hindari pengadukan jika belum akan dilakukan pemasangan. Hal tersebut karena spesi mortar mudah mengeras karena mengandung campuran semen sehingga spesi mortar tersebut tidak cocok untuk pemasangan dinding.

4. Mulai Proses Pemasangan Bata Merah

Mulai mamasang bata merah dengan mematuhi jidar yang telah dipasang. Dibutuhkan double checking ketika dilakukan pemasangan, apakah sudah lurus atau terdapat kebengkokan. Pemberian spesi mortar harus sesuai dan sama tebal karena jika tidak, pemasangan akan berisiko tidak rapi.

Pemasangan tidak bisa dilakukan secara cepat dan instan, harus dengan teliti dan bertahap. Bagian yang sudah dipasang, biarkan mengering terlebih dahulu kemudian silahkan lanjutkan cara memasang bata merah ke sisi lainnya secara menyamping dan bukan ke atas.

Mengapa cara pemasangan batu bata merah tidak boleh langsung menumpuk ke atas? hal tersebut karena cara memasang bata merah yang langsung ke atas berisiko mudah roboh terutama jika tumpukan bata dibawahnya belum terlalu kering. Oleh karena itu lakukan pemasangan bata merah secara horizontal agar susunan bata lebih kuat dan rapi.

5. Proses plester pasangan bata

Proses pemasangan plester pada cara pemasangan batu bata merah dengan benar adalah langkah terakhir setelah pemasangan bata selesai. Pemlesteran berfungsi untuk melapisi dinding dengan menggunakan adukan yang tercipta dari gabungan semen, pasir, dan air.

Perlu diperhatikan bahwa pemberian plesteri ini dilakukan setelah bata merah telah terpasang dengan baik dan kering sempurna. Agar plester memiliki kualitas yang baik, permukaannya harus sudah rata dan tegak. Adapun manfaat dari pemasangan plester ini yaitu:

  1. Membantu untuk meratakan permukaan bangunan,
  2. Membantu memberikan kekuatan struktur pada bidang bangunan,
  3. Membantu untuk melindungi struktur bangunan dari perubahan cuaca.

Oleh National Conblock – Pabrik Conblock, Buis Beton, U ditch, Pagar Panel.

artikel terkait lainnya

cara memasang batu bata merah
Ilmu Sipil

Cara Memasang Batu Bata Merah

Cara Memasang Batu Bata Merah – Bata merah adalah salah satu material yang menjadi fondasi penting dalam proyek pembangunan seperti …

Selengkapnya →
cara membuat paving block secara manual
Beton Pracetak

Cara Membuat Paving Block

Cara Membuat Paving Block  atau conblock yang umumnya paling banyak  dikerjakan  di Indonesia ada dua jenis, yaitu cara membuat paving …

Selengkapnya →
batu koral sikat
Material Bangunan

Ragam Jenis Lantai Batu Alam

Jenis Lantai Batu Alam. – Membangun rumah sesuai dengan desain yang kita inginkan merupakan impian tersendiri untuk diwujudkan. Semua orang …

Selengkapnya →
Batu alam dinding pagar
Material Bangunan

5 Jenis Batu Alam Untuk Dinding Pagar

Batu Alam Dinding Pagar. – Setiap orang tentu ingin mendekorasi rumahnya agar terlihat sempurna. Ada banyak bagian dari sebuah rumah, …

Selengkapnya →
Cara membuat batu alam
Beton Pracetak

Cara Membuat Batu Alam

Cara Membuat Batu Alam Dari Beton Dirumah Cara membuat Batu Alam. – Ketika mendirikan sebuah rumah, pasti ada banyak pertimbangan …

Selengkapnya →
siphon irigasi
Ilmu Sipil

SIPHON IRIGASI : PENGERTIAN Dan METODE KONSTRuKSI SIPHON

Siphon Irigasi – Saluran irigasi di Indonesia sangatlah vital penggunaannya untuk kebutuhan masyarakat. Mulai dari pertanian, perikanan, peternakan, hingga kebutuhan …

Selengkapnya →
Scroll to Top