Pengertian Gorong Gorong Dan Fungsinya

Harga box culvert
Sumber gambar: Asiacon.co.id

Apa yang di maksud dengan gorong gorong ?

Gorong-gorong atau reinforced concrete pipe adalah konstruksi saluran air yang di bangun untuk memberikan jalan agar air mengalir menuju aliran pebuangan. Potongan melintang yang dimiliki desain saluran drainase ada yang diposisikan berada di atas permukaan, tetapi dapat juga potongannya di buat tenggelam. Gorong-gorong dengan potongan melintang di atas berfungsi sebagai saluran air terbuka. Sehingga benda apa saja dapat mengalir melewati saluran air.

Fungsi gorong gorong sebagai konstruksi drainase saluran air

Pelaksanaan prosedur kerja saluran air drainase harus di bedakan berdasarkan penempatannya, seperti untuk pembuangan silang, atau saluran air di bawah jalan. Jika saluran air diperuntukan sebagai pembuangan silang maka fokus lebih diutamakan pada pencegahan kebocoran.

Berbeda lagi fokusnya ketika konstruksi saluran air berada di bawah jalan. Maka konstruksi harus mampu menahan beban yang berada di atas bangunan. Gorong-gorong yang dipasang jumlahnya lebih kecil dari ukuran jembatan penyeberangan.

Material pembuatan gorong-gorong bisa dari baja galvanis, beton, polyethylene dengan density yang tinggi. Sementara pada prosedur pemasangan, biasanya satu desain saluran air dapat mengkombinasikan material agar menghasilkan struktur drainase yang sempurna. Seperti menggabungkan besi baja dengan beton.

3 Jenis gorong gorong untuk drainase

A. Gorong gorong pipa baja bergelombang

Material utama terbuat dari corrugated steel pipe atau pipa baja bergelombang. Saluran air yang berdesain multi plate pipe, bisa memiliki beberapa fungsi tidak hanya saluran air, salah satunya dapat menjadi akses jalan seperti jembatan kecil.

Umumnya gorong-gorong pipa baja dipilih lantaran dari segi harga tergolong murah. Disamping itu proses pengerjaan tidak memakan waktu terlalu lama. Karena sudah di set dari pabrik, sehingga pekerja tidak perlu lagi melakukan instalasi khusus. Masa waktu pemakain tergolong lama, yakni 25 tahun. Jika nantinya akan di lakukan pembaruan, pipa baja yang lama dapat langsung dipindahkan.

B. Gorong gorong pvc atau polyvinyl chlorida

Gorong-gorong ini terbuat dari pipa plastic dengan destiny tinggi. Untuk pengaplikasiannya lebih sering pada area-area kecil yang tidak memerlukan tekanan beban besar. Seperti saluran air di pemukiman warga.

C. Gorong gorong beton pracetak

Proses pengerjaan gorong-gorong beton langsung di tempat, namun tidak sedikit yang sudah di produksi menjadi beton precast oleh pabrik. Biasanya di aplikasikan pada medan yang membutuhkan daya tahan terhadap beban tinggi.

Dimensi dan ukuran gorong-gorong beton mengikuti lokasi serta besarnya debit air yang harus di tampung. Saluran air gorong gorong beton bisa berbentuk segi empat atau biasa disebut dengan box culvert. Dan ada juga gorong gorong beton sistem terbuka yang berbentuk seperti huruf U, yaitu u-ditch beton.

Kedua jenis gorong gorong beton ini mempunyai spigot serta socket pada bagian sudut-sudutnya. Dimana berfungsi mencegah air tanah masuk. Spigot dan socket memiliki kemampuan menjaga stabilitas konstruksi saluran drainase. Karena ukurannya yang besar, sering di fungsikan juga sebagai jembatan.

Metode Pengaplikasian Gorong gorong sebagai saluran air

Reinforced concrete pipe merupakan salah satu jawaban untuk optimasi lahan bangunan agar sanggup mengalirkan air. Sementara di waktu yang bersamaan permukaan gorong-gorong bisa dimanfaatkan sebagai fasilitas prasarana lainnya, seperti rel kereta api dan jalan raya.

Ada dua sistem yang biasanya di pergunakan memperbaiki fungsi saluran air, di antaranya adalah :

  • Sistem Drainase Major atau Primer, mempergunakan hitungan pribadi untuk mengetahui skala dimensi dan luas gorong-gorong nantinya. Dengan di buatnya drainase mayor, maka resiko terjadi banjir bisa dihindari. Saluran air akan mencakup seluruh kanal-kanal serta sungai. Sebab saluran air drainase di bangun untuk mengalirkan air dalam debit besar.
  • Sistem Drainase Mikro, umumnya pengaplikasiannya kepada gorong-gorong dipinggir jalan yang debit airnya terbilang lebih kecil. Nantinya air pembuangan sertaair hujan harus mengalir ke situ. Sebab air yang menggenang terlalu lama, menandakan ada masalah terhadap saluran drainase.

Demikian informasi tentang pengertian gorong-gorong beserta fungsinya, semoga pembahasan tersebut diatas dapat berguna sebagai informasi tambahan untuk Anda.

by : Pabrik paving block – NATIONAL CONBLOCK

Scroll to Top