cara menghitung kebutuhan batu bata merah

Cara Menghitung Kebutuhan Batu Bata

Cara Menghitung Kebutuhan Batu Bata Merah – Dalam pembangunan sebuah rumah, tentu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai pembangunan. Salah satu hal yang harus disiapkan adalah bahan-bahan dalam membuat bangunan tersebut. Mulai dari pasir, tanah, batu bata hingga yang lainnya harus dibeli terlebih dahulu. Ketika Anda tidak melakukan penaksiran tentang seberapa banyak bahan yang Anda butuhkan, maka akan rawan terjadi kelebihan atau kekurangan bahan.

Untuk itulah, penting memiliki ilmu tentang menghitung bahan bangunan. Salah satu bahan bangunan yang perlu untuk dihitung secara cermat adalah batu bata. Anda perlu tahu bagaimana cara menghitung kebutuhan batu bata merah agar tidak sampai kurang atau lebih. Berikut ini adalah cara menghitung kebutuhan bata merah yang bisa Anda terapkan:

1.Mengetahui Jumlah Batu Bata Per Meter Persegi

Cara menghitung kebutuhan batu bata merah yang pertama adalah tahu jumlah batu bata per meter persegi. Ukuran setiap bata merah tidaklah sama, kadang ada yang lebih kecil maupun lebih besar. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda bisa mencoba memasang bata merah tersebut di tanah. Agar bisa tahu ukuran panjang, lebar dan ketebalan standartnya, Anda bisa menanyakan pada tukang bangunan yang lebih ahli.

Setelah Anda tahu berapa jumlahnya, maka Anda mulai bisa menghitung luas obyek yang ingin dibangun. Misalnya, kalau tingginya adalah 1.10 m dan panjangnya 1.30 m, maka luasnya adalah 1.43 m. Anda bisa membagi total bata merah dengan 1.43 m sehingga bisa diketahui kebutuhan bata merah setiap meternya.

2.Mengukur Panjang dan Tinggi

ukuran batu bata merahMengukur panjang dan tinggi adalah cara menghitung kebutuhan bata merah yang kedua. Mudah saja, Anda hanya perlu mengukur panjang dan tinggi bata merah. Mari memulainya dengan sebuah contoh agar Anda bisa lebih memahaminya. Misalnya saja, ukuran bata merah yang akan Anda beli adalah 20 x 5 cm. Anda harus menambahkan sedikit lebihan dari ukuran tersebut, anggaplah 22 x 7 cm. Setelah itu, Anda bisa membandingkan ukuran bata merah dengan obyek. Mudah bukan?

3.Menggunakan Angka Koefisien Penggali Sesuai SNI

Bila kedua cara sebelumnya tidak bisa Anda terapkan, maka mungkin cara menghitung kebutuhan bata merah yang satu ini bisa membantu Anda. Cara ini disebut-sebut sebagai jalan yang paling mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah mengalikan angka koefisien yang sudah menjadi standart dengan luas dinding.

Misalnya saja, SNI analisa satuan pekerjaan bata merah adalah 1 batu. Jumlah bata yang dibutuhkan untuk per satu meter persegi adalah 50 buah. Maka Anda bisa menemukan jawabannya dengan luas dinding x 50 buah. Sangat mudah dan tidak butuh waktu lama untuk mengerahuinya. Selain angka-angka diatas, Anda juga harus mempertimbangkan tentang ketebalan dinding yang akan dibangun.

4. Menghitung Bata Merah Manual

Bila Anda memiliki background yang paham tentang perhitungan manual bahan bangunan, maka cara menghitung kebutuhan bata merah yang satu ini mungkin bisa diterapkan. Untuk bisa menggunakan cara ini, Anda perlu tahu beberapa informasi dasar seperti panjang, tinggi dan spesi bata. Cara ini cukup sulit untuk dipahami bagi orang yang awam dalam dunia bangunan, karena rawan terjadi kesalahan perhitungan.

4 cara menghitung kebutuhan batu bata merah diatas bisa Anda terapkan dan hitung sendiri secara mandiri. Tetapi kalau masih menemukan kesulitan, lebih baik bila Anda menggunakan jasa dari orang yang paham tentang bangunan secara professional.

artikel terkait lainnya

cara memasang batu bata merah
Ilmu Sipil

Cara Memasang Batu Bata Merah

Cara Memasang Batu Bata Merah – Bata merah adalah salah satu material yang menjadi fondasi penting dalam proyek pembangunan seperti …

Selengkapnya →
cara membuat paving block secara manual
Beton Pracetak

Cara Membuat Paving Block

Cara Membuat Paving Block  atau conblock yang umumnya paling banyak  dikerjakan  di Indonesia ada dua jenis, yaitu cara membuat paving …

Selengkapnya →
cara menghitung kebutuhan batu bata merah
Ilmu Sipil

Cara Menghitung Kebutuhan Batu Bata Merah

Cara Menghitung Kebutuhan Batu Bata Cara Menghitung Kebutuhan Batu Bata Merah – Dalam pembangunan sebuah rumah, tentu ada beberapa hal …

Selengkapnya →
batu koral sikat
Material Bangunan

Ragam Jenis Lantai Batu Alam

Jenis Lantai Batu Alam. – Membangun rumah sesuai dengan desain yang kita inginkan merupakan impian tersendiri untuk diwujudkan. Semua orang …

Selengkapnya →
Batu alam dinding pagar
Material Bangunan

5 Jenis Batu Alam Untuk Dinding Pagar

Batu Alam Dinding Pagar. – Setiap orang tentu ingin mendekorasi rumahnya agar terlihat sempurna. Ada banyak bagian dari sebuah rumah, …

Selengkapnya →
Cara membuat batu alam
Beton Pracetak

Cara Membuat Batu Alam

Cara Membuat Batu Alam Dari Beton Dirumah Cara membuat Batu Alam. – Ketika mendirikan sebuah rumah, pasti ada banyak pertimbangan …

Selengkapnya →
Scroll to Top